Apa itu Bisnis Online, Macam Bisnis Online ? Bagi kita pelaku bisnis atau yang ingin terjun kedunia bisnis atau yang sedang mencari tentang referensi bisnis pasti pernah bahkan sering mendengar tentang istilah bisnis online. (Kecuali nyarinya di daun lontar, pasti ga nemu. He…he…he…).

 Semakin hari semakin sering kita mendengar tentang bisnis online. Nah pasti kita semakin penasaran dengan istilah ini. Apa sih bisnis online itu ?

 Gak perlu saya sebutkan, pastinya semua udah tau bahwa bisnis online terdiri dari dua kata. Bisnis dan Online. (Ya iyalah, anak SD juga tau. He…he…he…). Oke oke sekarang kita lihat lebih jauh.

 Bisnis, kecuali kita ga pernah keluar selama hidup pastinya kita pernah tau istilah bisnis. Yap. Kata bisnis diadopsi dari bahasa inggris Bussiness. Yang dalam bahsa asli kita sepadan dengan kata wirausaha.

 Kata ini menunjukkan pada kegiatan produksi, baik itu barang atau jasa, dan pemasaran (termasuk perantara atau makelar. :).). Jadi setiap orang yang melakukan proses produksi barang atau jasa, pemasaran atau pemakelaran dalam sekala kecil atau besar kita sebut sebagai bussiness man atau wirausahawan. Orang yang melakukan kegiatan bisnis atau berwirausaha.

 Nah. Sekarang online. Kata ini semakin ramai dan semakin sering aja kita dengar. Dimanapun pada zaman sekarang ini pasti dengan mudah kita menemui dan mendengar kata ini. Apa sih online itu ?

 Kata online yang sering kita dengar itu biasanya berhubungan dengan aktivitas penggunaan jaringan internet. Bisa browsing, chatting, social media atau apapun yang melibatkan penggunaan koneksi internet. Termasuk yang tidak menggunakan komputer, laptop atau PC.

 Yap. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa gadget seperti ponsel atau tablet telah mempunyai kemampuan mengakses internet dengan baik. Banyak juga social media yang khusus dibuat untuk gadget seperti Whatsapp, Line, Wechat, atau BBM.

Jadi ketika kita beraktivitas dengan menggunakan koneksi internet baik dengan komputer atau gadget, berarti kita sedang online.

Bisnis Online

 Bisnis sudah, Online juga sudah. Lalu apa itu bisnis online itu?.  Dengan menggabungkan dua pengertian di atas, kita bisa memahami bahwa bisnis online merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan secara online. Atau kegiatan bisnis yang dilakukan dengan memanfaatkan koneksi internet. Baik dengan memanfaatkan blog, chat, atau social media.

Kegiatan bisnis yang menggunakan internet biasanya adalah kegiatan pemasaran. Meskipun ada beberapa jenis bisnis online yang secara langsung tidak melakukan pemasaran. Dengan memanfaatkan jaringan internet, palaku bisnis bisa memasarkan produknya kepada semua pengguna internet, dimanapun dan kapanpun dengan biaya yang relatif murah dan waktu yang tidak relatif cepat.

Seorang pelaku bisnis bisa memajang produk-produknya melalui blog.

Blog berfungsi sebagai lapak dalam bisnis online. Dengan mempunyai sebiah blog, pelaku bisnis bisa memperlihatkan semua produk yang dipunyai dengan mudah dan murah. Istimewanya, dengan membuka lapak dalam bentuk blog, pelaku bisnis tidak perlu membuka dan menutup lapaknya tiap hari. Blog akan buka 24 jam sehari dan 7 hari semingg. Tentunya selama hostingnya masih hidup. He…he…he…

 Memanfaatkan Social Media Sebagai Sales.

Dalam bisnis konvensional, untuk menjual produk lebih luas pasti butuh sales. Begitu pula dengan bisnis online. Agar dagangan banyak dikenal orang dan lebih cepat laku, maka butuh sales juga. Nah, ini enaknya di bisnis online. Kita tidak perlu buka lowongan pekerjaan untuk cari sales. Cukup buat akun di social media, seperti facebook, twitter, BBM, atau whatsapp. Bergabung dengan group. Kita sudah punya sales yang mampu menawarkan barang ke ribuan irang dalam beberapa menit saja. Hebatnya, sales ini tidak butuh istirahat, tidak perlu makan, apalagi gaji. He…he… ya iayalah masak facebook mau makan. J.

 Iklan Online.

Satu lagi. Dalam bisnis konvensional,kita juga pasti menggunakan iklan untuk menyentuh pasar yang lebih luas. Seperti memasang iklan di media cetak, radio, atau buat brosur. Sama juga di bisnis online. Kita bisa memasang iklan sebanyak yang kita mau, di manapun. Enaknya, kita tidak perlu membayara alias gratis untuk memasang iklan. Banyak web yang menyediakan pemasangan iklan secara gratis. Enaknya lagi, kita bisa membidik pasar potensial untuk kita pasang iklan. Jadi iklan kita tepat sasaran. Kita bisa tau dimana produk kita paling banyak dicari dengan melakukan research keyword. Jadi bisa pasang iklan gratis pada segmen pasar yang tepat. Wuih… mantap.

 Nah…. Paparan diatas saya harap bisa menambah pengetahuan tentang bisnis online dan menambah ketertarikan untuk terjun didalamnya.

Recent search terms:

  • sebutkan pelaku bisnis online
  • bisnis online
  • how to bisnis online
Hadiq
Hadiq

Latest posts by Hadiq (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *