Fungsi Concat SQL Dalam Membangun Pivot Tabel Di C#. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Fungsi Concat SQL Dalam Membangun Pivot Tabel Di C# yang nantinya berfungsi untuk memperbaiki tampilan tabel pada aplikasi C# yang kita buat.

Kalian pernah mendengar yang namanya Pivot Tabel? Pivot Table adalah tabel khusus yang merangkum informasi dari kolom-kolom tertentu dari sebuah sumber data (data source) sehingga informasi tersebut akan lebih mudah dilihat. Lebih jelasnya akan saya jelaskan dengan ilustrasi berikut.

Fungsi Concat SQL Dalam Membangun Pivot Tabel Di C#

Tampilan Tabel Standar

Gambar diatas adalah sebuah tabel standar tentang suatu penjadwalan. Sekilas lihat pasti anda tahu kalau tabel tersebut banyak sekali kekurangannya. Kenapa tidak di buat seperti ini? Atau seperti itu? Wajar kalau anda sempat berpikir demikian. Coba bandingkan dengan tabel berikut ini.

Fungsi Concat SQL Dalam Membangun Pivot Tabel Di C# 2

Tampilan Tabel Yang Teroganisir

Lebih enak mana? Pasti semua menjawab tabel yang bawah. Nah disini yang saya maksud dengan Pivot Tabel, bagaimana menyerdehanakan sebuah tabel yang penuh dengan redudansi data ( tabel 1) menjadi tabel dengan redudansi minimal (tabel 2).

Mungkin kalau anda mengerjakan pembuatan tabel seperti ini di Ms.Excel mudah sekali karena juga sudah disediakan fiturnya (coba cek saja di tab Insert di sana ada fitur untuk Pivot Tabel). Skrg pertanyaannya, bagaimana membuat pivot tabel di pemrograman C#? Nah ini yang akan kita bahas di artikel ini.

Ternyata eh ternyata setelah saya mencari-cari di mbah gugel coding untuk membuat pivot tabel sempurna di data grid sangat sangat ribet. (entah memang beneran ribet atau sayanya yg tdk bisa, hehehe). Tidak kehabisan akal dan sedikit coba-coba saya menemukan solusi untuk masalah ini yaitu menggunakan fitur CONCAT pada Sql dan dengan teknik DENORMALISASI database.

Teknik Denormalisasi adalah pengembangan teknik normalisasi database biasa tetapi digunakan untuk mengubah data yang sudah di normalisasi yang seharusnya data urut kebawah akan qt rubah menjadi urut ke kanan.

Teknik ini akan kita gunakan untuk merubah data ruang yang seharusnya ke bawah menjadi kekanan sebagai kolom baru. Ilustrasinya sebagai berikut.

Fungsi Concat SQL Dalam Membangun Pivot Tabel Di C#

Teknik Denormalisasi Database

Berikutnya adalah bagaimana caranya untuk menaruh suatu kolom dibawah kolom lainnya, contohnya bisa dilihat di tabel 2 diamana kolom ruang membawahi kolom mata kuliah, kolom dosen dan kolom kelas. Nah disinilah tingkat kesulitan Pivot Tabel yang belum saya temukan. Akhirnya setelah sekian kali mencoba saya menemukan solusi untuk masalah ini, yaitu menggunakan fitur concat pada sql, yang penggunaanya adalah untuk menggabungkan sekian data untuk menjadi satu kolom saja. Sehingga data mata kuliah, dosen dan kelas akan ter-merge di bawah kolom masing-masing ruang.

Nah setelah menggabungkan kedua teori diatas, akhirnya jadilah tampilan program sebagai berikut.

Fungsi Concat SQL Dalam Membangun Pivot Tabel Di C#

Contoh Tampilan Pada Aplikasi

Bagaimana? Cukup lumayan bukan? Dengan ini teknik membuat Pivot Tabel pada C# dengan teori Denormalisasi database dan fungsi Concat telah sukses.

Mau mencoba untuk membuatnya? Bagaimana cara membuatnya akan saya bahas di bagian kedua dari artikel ini. Akan coba saya jelaskan proses pembuatannya mulai dari awal sampai akhir sejelas mungkin, mulai dari pembuatan databasenya sampai coding di aplikasinya. Selamat mencoba.!

Okky Hadi
Find Me

Okky Hadi

Direktur Administrasi dan Keuangan at Techno Visindo Ekatama
Pemuda yang lahir di Banyuwangi 24 tahun yang lalu ini sebelumnya telah menempuh pendidikan S1 di STIKOM PGRI Banyuwangi dan kini bertanggung jawab atas Administrasi dan Keuangan di Techno Visindo Ekatama.
Okky Hadi
Find Me

Latest posts by Okky Hadi (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *