Sesuai dengan janji Pakdhe Sakiyun tempo hari yaitu menguji coba sistem database, maka pada artikel kali ini akan kita bahas bagaimana membuat aplikasi buku tamu (guestbook) sederhana,  memanfaatkan  operasi database klasik dan PDO (PHP Data Object), yang telah tersedia dalam framework becak.

Aplikasi guestbook kita kali ini dilengkapi dengan fasilitas menampilkan data, menambah data, merubah serta menghapus data yang sudah pernah tersimpan di database. Jadi secara keseluruhan 4 operasi dasar database yaitu : SELECT, INSERT, UPDATE dan DELETE akan diuji cobakan.

Tole : “Pakdhe..pakdhe, kok ada database klasik segala to?”

Pakdhe : “Itu istilah pakdhe aja, gak perlu bingung ya..soalnya kan saat ini den bagus PHP menyediakan beberapa cara untuk koneksi dan mengoperasikan database. Dari dulu sebenarnya PHP sudah menyediakan teknik pengoperasian database dan sampai saat ini masih banyak yang menggunakan. Teknik ini sengaja pakdhe kasih nama klasik karena sudah ada dari jaman dulu kala. Nah sekarang, si PHP menyediakan juga teknik pengoperasian database yang full Object Oriented Pogramming (OOP) dan selanjutnya dinamakan PDO”

Tole :”Trus pas nanti kita bikin program apakah ada perbedaan antara database klasik dan PDO pakdhe?

Pakdhe :”Tenang saja, khusus untuk framework ini antara yang klasik dan PDO tadi, sudah pakdhe bungkus secara rapi sehingga para pengguna framework ini tidak merasakan perbedaan tata cara pengorasian database-nya Tole..Biar tidak penasaran, coba dengarkan dongengan pakdhe dulu ya..”

To nde poin saja ya, pertama-tama (herannya kok tidak ada kosa kata “terakhir-akhir” ya? he..he..), yang harus kita persiapkan tentunya adalah database-nya. Silahkan buka aja phpmyadmin via browser anda, kemudian buat database baru dengan nama coba. Kira-kira proses pembuatan database ini terlihat seperti gambar dibawah ini

Selanjutnya lengkapi database yang barusan kita buat tadi dengan table-nya. Coba silahkan bikin table dengan nama guestbook, seperti terlihat pada script dibawah ini :

 Nah..sampai disini proses pembuatan database-nya sudah rebes…eeh..beres…selanjutnya mari kita obrak-abrik programnya. Seperti biasa saya bahas dulu susunan folder aplikasinya biar pembaca yang budiman tidak bingung.

Sebenarnya tata cara pembuatan folder aplikasi guestbook ini sama saja dengan aplikasi uji coba kita tempo hari. Kalau dalam uji coba tempo hari kita bikin folder welcome dalam folder directories, sekarang kita bikin folder bukutamu. Untuk lebih jelasnya lihat gambar disamping.

Sebelum lebih jauh ke pembuatan controller, model dan view, pertama kali yang harus kita kerjakan adalah melakukan konfigurasi database. Coba anda perhatikan lingkaran nomor 1 warna merah pada gambar disamping. Konfigurasi ini mutlak harus kita kerjakan terlebih dahulu agar aplikasi kita dapat terkoneksi ke database. Untuk uji coba yang pertama, kita manfaatkan dulu operasi database klasik nanti kalau aplikasi sudah jadi kita akan uji coba operasi database dengan PDO.

Step by step pembuatan aplikasi akan saya bahas dibawah ini.
1. Konfigurasi Database MySQL Native (Klasik)

Silakan buka file database.php pada folder application/config. Atau kalau belum ada filenya, silahkan dibuat terlebih dahulu. Kemudian copas script konfigurasi seperti dibawah ini.

Yang harus anda perhatikan pada konfigurasi ini adalah pada baris ke 11 (user), baris ke 14 (password) dan baris ke 17 (database). Pada baris ke 11 bisa anda rubah kalau anda menggunakan user lain untuk koneksi ke mysql. Untuk contoh kali ini sengaja saya gunakan user default bawaan dari mysql yaitu root. Jika mysql anda di-password jangan lupa masukkan password koneksi mysql pada baris ke 14. Sedangkan baris ke-17 adalah nama database yang baru saja kita bikin diatas. Kalau tadi anda tidak menamakan database-nya dengan nama coba, maka anda diwajibkan mengganti nama database tadi sesuai dengan nama database yang anda buat.

2. Aplikasi Buku Tamu

Seperti biasa, untuk membuat aplikasi yang perlu kita sediakan adalah Controller, Model dan View terlebih dahulu. Struktur folder-nya bisa anda lihat pada gambar diatas. Satu per satu coba kita bahas ya..

2.1 Controller

Controller kita kali ini sengaja dinamakan page. Oleh karena itu nama filenya juga page.php. Dalam controller ini terdapat 5 fungsi yaitu:l

__construct : adalah fungsi konstruktor yang berisi deklarasi perintah yang jalan otomatis ketika pertama kali aplikasi dijalankan
index : adalah fungsi default yang akan menampilkan data dan tampilan awal dari aplikasi
edit : adalah fungsi yang bertugas menampilkan data yang akan di-edit/dirubah
simpan : adalah fungsi yang menangani penyimpanan data, baik itu data baru ataupun data lama yang akan diubah/update
hapus : adalah fungsi yang menangani penghapusan data dari database

Adapun script controller page tersebut terlihat seperti dibawah ini

2.2 Model

Sedangkan model kita kali ini dinamakan guestbook_model. Oleh karena itu nama file PHP nya sama dengan nama kelasnya yaitu guestbook_model.php. Terdapat 5 fungsi dalam class model ini yaitu:

__construct : adalah konstruktor yang berisi deklarasi perintah untuk me-load sistem database. Sedangkan config yang dibaca adalah db (konfigurasi “db” sudah saya bahas pada sub bab 1 diatas)
GetData : bertugas untuk meng-eksekusi perintah SELECT yang berfungsi untuk mengambil data dari database
InserData : bertugas meng-eksekusi perintah penyimpanan data baru(INSERT)
UpdateData : bertugas untuk mengeksekusi perintah perubahan (UPDATE) data
DeleteData : bertugas untuk mengeksekusi perintah penghapusan (DELETE) data

Adapun script model guestbook_model tersebut terlihat seperti dibawah ini

2.3 View

Terakhir yang perlu kita bikin adalah tampilannya (view). View kita kali ini dinamakan guestbook_view.php. Script lengkapnya seperti berikut ini.

Nah..sampai disini aplikasi sebagai bahan uji coba sedah selesai kita buat. Untuk menguji aplikasinya jalan apa tidak coba anda ketik di URL browser seperti ini : http://localhost/becak/index.php/bukutamu/page. Seharusnya kalau anda tidak salah ketik akan muncul program seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Silahkan anda isi datanya, kemudian setelah terisi, data-data yang ada tersebut coba di-edit atau dihapus. Jika tidak ada yang error berarti uji coba kita untuk mengoperasikan sistem database berhasil. Tapi untuk uji coba operasi database PDO belum kita lakukan.O..iya sebelum saya lupa, khusus untuk PDO ini ada catatan penting seperti dibawah ini.

Operasi database PDO ini akan jalan jika modul PDO sudah terpasang/ter-install pada web service anda. Untuk mengetahui PDO-nya sudah terpasang apa belum coba gunakan fungsi phpinfo(). Hati-hati kalau anda masih menggunakan jasa web hosting. Tidak semua web hosting menyediakan modul PDO ini. Jika hosting anda belum memasang modul PDO jangan memaksakan diri menggunakan operasi database PDO, kecuali anda pingin nasibnya sama dengan pakdhe Sakiyun..hehe..

Jika anda ingin menggunakan PDO, maka yang perlu anda lakukan hanya merubah konfigurasi database saja. Merubahnya bagaimana? lihat script dibawah ini :

Nah, sekarang coba anda ukur waktu komputasi (lama proses eksekusi program). Dalam framework sudah disediakan fasilitas untuk mengukur waktu komputasi dan besarnya memory yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi. Pada aplikasi ini fasilitas pengukur waktu komputasi dan kebutuhan resource memory sudah terpasang. Coba anda lihat gambar hasil eksekusi program diatas. Di tulisan yang paling bawah itu adalah pengukur waktu komputasi dan konsumsi memory. Menurut pakdhe Sakiyun antara operasi klasik dan operasi PDO lebih cepat operasi klasik. Kalau para pembaca tidak/belum percaya silahkan dicoba saja.

Sampai disini keseluruhan proses uji coba sudah selesai kita laksanakan. Tapi PR kita masih banyak. Kita masih harus sering-sering menulis. Mudah-mudahan dalam tempoe jang sesingkat-singkatnya pakdhe Sakiyun dapat ide baru lagi sehingga tulisan-tulisannya bisa dinikmati oleh para pembaca yang budiman, baik hati dan tidak sombong 😀

Untuk mempercepat uji coba, silahkan download uji coba framework ini pada kolom download yang sudah saya sediakan. Sekian, Semoga ada guna dan manfaatnya.

Regards,

Tole Doelkamit

Recent search terms:

  • cara buat koneksi mysql dengan mvc
Eko Heri Susanto

Eko Heri Susanto

Direktur Riset at Techno Visindo Ekatama
Lulusan S2 Teknik Informatika ITS Surabaya. Saat ini Eko Heri Susanto bekerja sebagai dosen di STIKOM PGRI Banyuwangi. Kegiatan sehari-hari selain mengajar adalah melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.Sejak bulan Juli 2012 sampai dengan sekarang, Eko Heri Susanto diberi mandat oleh Ketua STIKOM PGRI Banyuwangi untuk mengisi jabatan sebagai Kepala Bagian Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Kabag. LPPM) di Kampus STIKOM PGRI Banyuwangi. Kompetensi yang dikuasainya adalah Rekayasaya Perangkat Lunak, tehnik pemrograman komunikasi data, pemrograman web dan tehnik pemrograman perangkat bergerak (mobile).

Selain bekerja sebagai Dosen, Eko Heri Susanto tergabung dengan tim Techno Visindo Ekatama (Tendotama).

Selain melalui email dan telephon, Eko Heri Susanto juga bisa dihubungi di Facebook. Ungkapan terimakasih dan salam hormat disampaikan oleh Eko Heri Susanto kepada para pembaca artikel di tendotama.com. Semoga tulisan-tulisannya dapat membawa manfaat bagi kita semua.
Eko Heri Susanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *